Wednesday, June 10, 2015

Semarang, puanas pol ndhes!

KP Day 1

Senin, 1 Juni 2015, hari pertama KP nih. Menyambut hari ini, saya sudah pasang alarm biar nggak telat. Setelah mandi, pake pakaian, sama minum Ener*en, langsung siap-siap memacu motor menuju kantor tempat KP. Pagi ini jam masih menunjukkan pukul 7.20 WIB (tumben nih udah siap buat berangkat, biasa kalo kuliah masih di kasur). Sekitar 20 menit kemudian, parkir motor di kantor lalu masuklah ke pintu utama. 

Sebelumnya, saya sudah dikasih tahu sama kenalan yang kerja disana supaya tunggu di lantai 3 gedung Telkom karena katanya bakalan ada apel untuk para karyawan lebih dulu. Batinku, "Yo wes rapopo. Kan yo mung ngenteni sejam lah paling suwe." (Translate : "Ya sudah gapapa. Kan hanya menunggu 1 jam lah paling lama"). Akhirnya, saya menunggu di lantai 3, tepatnya di kursi tunggu. Di kursi yang berseberangan, ada beberapa orang yg duduk menunggu di situ. Lima orang, 4 perempuan dan 1 laki-laki. Rupanya mereka juga mahasiswa yg KP juga dari universitas lain. Hanya 2 orang yg bisa diidentifikasi dari jamal-nya, dari Tel-* ternyata. Ya, mahasiswa KP dari ITB memang hanya seorang, namun hal itu tentu tidak membuat saya takut (salah satu alasan saya daftar KP di Semarang supaya bisa pulang ke rumah..hehehe).

Sekitar jam 9, seorang bapak-bapak (Pak Agung) datang dan membawa setumpuk kertas. Dia ternyata adalah pegawai yang mengurusi mahasiswa KP. Setelah mengecek data diri, bapak ini menyuruh kami untuk menunggu sampai apel selesai.

30 menit berlalu...

60 menit berlalu...

Ngantuk ndhes!! Langsung buka HP bentar, cek socmed, game, dll. Masih ngantuk!! Akhirnya saya langsung menuju posisi tidur ala kuliah (duduk, kepala menunduk hampir sampai lutut).

15 menit lewat...

Security di ruang tunggu (yang seorang perempuan) mengajak mengobrol rombongan anak Tel-*.

Waktu menunjukkan pukul 11.30 WIB. Para pegawai mulai kembali ke ruang kerja setelah apel selesai. Pak Agung menyuruh kami untuk istirahat, setelah itu nanti kami akan diantar ke bagian kami masing-masing. Oke, istirahat. Saya pun pergi keluar, mencari Warteg di sekitar kantor.

Sekitar pukul 12.45 WIB saya kembali ke lantai 3, tidak lama saya diantar oleh salah seorang mahasiswa praktek lain (praktek di bagian lain maksudnya) ke lantai 4 di bagian Infrastructure Integration
Divisi Infrastructure Integration
Saya bertemu dengan Manager di bagian tsb, Pak Sumariono. Ternyata pembimbing saya sedang ada urusan di luar, akhirnya saya dipersilakan untuk pulang dan kembali lagi hari Rabu, 3 Juni 2015. Set dah, hari pertama udah kaya gini. Akhirnya saya pulang ke rumah tercinta. 

Eh, sebelum pulang saya mampir ke tukang dawet yang sueger di hari yang puanas pol ini.
Es Dawet
Tidak lupa menikmati kuliner yang khas juga nih.
Mi Jowo

KP Day 2

Karena hari Selasa, 2 Juni 2015 tanggal merah alias libur (Hari Raya Waisak), jadi langsung skip ke hari Rabu eh..Kamis, 4 Juni 2015.

Lah, ada yang kelupaan. Hari Senin, sekitar pukul 15.00 WIB saya ditelpon. Ternyata pembimbing saya (Pak Roestomo) yang menelpon. Dia bilang kalau hari Rabu dia ada urusan, jadi saya disuruh untuk masuk ke kantor hari Kamis saja. Siap pak.

Oke, petualangan hari Kamis pun dimulai. Tanpa terlambat, saya masuk ke kantor, langsung ke lantai 4 dan menemui Pak Sumariono. Ternyata beliau berkata bahwa Pak Roestomo ternyata masih ada urusan, sehingga kemudian saya diberi tugas untuk membaca sebuah buku.


Synchronous Digital Hierarchy (opo kuwi??)
Kalo pingin tau : http://en.wikipedia.org/wiki/Synchronous_optical_networking
Tapi ternyata, ada distraksi nih.

Nat Geo coy...
Akhirnya hingga sekitar jam 3 sore, saya membaca buku sambil nonton TV. Kemudian ada seseorang yang menghampiri saya. Ternyata orang itulah Pak Roestomo. Beliau menyuruh saya melanjutkan dan bilang kalau besok saya akan diajak ke lapangan. Jam 5 sore, saya pulang.

KP Day 3

Jumat, 5 Juni 2015. Masih tanpa telat, masuk kantor. Ternyata Pak Roes belum sampai ke kantor. Ya wes nonton lagi.
Nat Geo everyday
Sekitar pukul 10.30 WIB, Pak Roestomo mengajak saya pergi. Sudah menunggu kami, seorang mas-mas bernama Rio yang bertubuh gempal namun sehat. Mas Rio adalah pegawai dari Huawei yang bekerja sama dengan PT Telkom. Kami kemudian menuju mobil Mas Rio yang rupanya asli dari provinsi yang terkenal dengan gudeg-nya. Kemudian mobil melaju ke daerah Mangkang menuju sebuah site yang di dekat perbatasan Semarang-Kendal.

Ternyata di situ pekerjaan yang dilakukan adalah pemindahan sebuah antena yang sudah tidak terpakai di daerah lain dan disimpan di sana. Karena di daerah tersebut tugas antena itu sebagai sarana transmisi sudah digantikan oleh alat yang bernama Fiber Optik (FO).
Antena
Tempat ini ternyata juga berfungsi sebagai gudang barang yang sudah tidak terpakai.
Mobil COMBAT Flexi
Mobil COMBAT (Compact Mobile Base Station) ini fungsinya sama seperti menara-menara untuk BTS pada umumnya, tetapi keunggulannya bisa dipindah-pindah. Jadi untuk acara yang butuh service yang besar seperti KAA beberapa waktu kemarin, pernikahan anak presiden dalam waktu dekat ini, alat ini diperlukan. Tambahan armada ini disiapkan supaya orang-orang yang berada di area itu dapat menikmati layanan seperti SMS, telepon, internet, dll.

Setelah pemindahan antena selesai dan waktu menunjukkan sekitar pukul 1 siang, kami meninggalkan site dan menuju sebuah tempat makan yang tidak jauh dari site. RM Iwak Manuk namanya. Wah, pokoke maknyus lah... (kalo kata Om Bondan).
Mantap gan... (ga sempet foto, jadi comot dari google aja)
Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJn5lpUsNGmQeMgyrSkyDxsyd9v8nQST-g5sFFRm7CqTJi-z9VS7jGeH8d_4bg2h2nyp3W-nT0rz-XE5TdY0Bi-i4KkEJakyxbBiWw0Kd99alvclnvcJauJeKTGqMJh-eIHk4GAESTZIw2/s1600/IMG-20131108-00379.jpg
Setelah kembali ke kantor, saya mendapat tugas dari Pak Roes untuk mengecek data antena yang sudah diganti oleh FO. Namun karena saya tidak membawa laptop pada saat itu, saya dipersilakan pulang.

KP Day 4

Senin, 8 Juni 2015. Setelah sampai di kantor, tidak lama Pak Roes memanggil saya dan mengajak saya pergi ke site lagi bersama 2 orang rekannya, Mas Adi (Huawei) dan Mas Risdianto (subcon Huawei). Rupanya lokasi site kali ini berada di luar Semarang, tepatnya di dekat kota Solo.

Site pertama yang dikunjungi ada di Siwal, Baki, Sukoharjo
 

IP Radio Site 1
IP Radio adalah komunikasi Radio tapi menggunakan bantuan IP (harap maklum kalo salah, masih belajar). Keuntungan menggunakan IP Radio adalah jangkauan lebih luas, lebih fleksibel, biaya operasional berkurang. Hal ini disebabkan Radio ini tersambung ke internet, jadi tidak perlu kabel lain untuk menyambungkan ke tempat lain.




Tower IP Radio Site 2
Setelah dari Site 1 & 2, kami kemudian makan siang. Menu makan siang kali ini cukup lezat & bergizi.
Sego Pecel (sama kaya sebelumnya, ga sempet foto)
Sumber : http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT5Y9pyTE3Pu8lJ8ZUBYVyuPwTsiUC3U_Y4jM6tTstnx__6DtGl

Di dekat Site 3 yang terletak di Mojosongo, Solo terdapat sebuah hal yang menyita pandangan saya.
Warung "shor-wher" alias ngisor tower (bawah tower)
Berikut ini dokumentasi di Site 3.
Penampakan ruangan untuk menyimpan peralatan BTS, IP Radio, power supply, dll.
Kalau biasanya di bawah tower ada sebuah ruang kecil tertutup biasanya berwarna putih, inilah isi tempat tersebut. Alat-alat elektronik ini disimpan dalam sebuah ruangan berpendingin untuk menjaga suhu alat-alat tersebut agar dapat tetap optimal.
Tower Site 3
Kemudian dalam perjalanan pulang, kami mengunjungi 1 tempat lagi di daerah Kantil, Boyolali. Di tempat ini, terdapat sebuat COMBAT yang dipasang disana.


COMBAT Site 4
Itulah akhir petualangan saya di hari Senin. Selanjutnya kami kembali menuju ke Semarang.

KP Day 5

Selasa, 9 Juni 2015. Kembali seperti semula, namun kali ini saya membawa laptop dan merasakan WiFi kantor yang cukup memuaskan.

Torrent dulu ah
Hari itu saya masih menjaga diri dengan hanya mendownload beberapa film & anime. Sesekali juga buka You**** lah.

KP Day 6

Rabu, 10 Juni 2015. Masih seperti hari sebelumnya, namun kali ini terdapat sedikit perubahan. Saya memutuskan untuk menulis di blog ini agar tidak terkesan 'gabut'. Awalnya saya masih menggunakan WiFi untuk internet. Tapi setelah istirahat, sepertinya internet menjadi lelet, kemudian saya menemukan kabel lan yang menganggur, SIKAT GAN!!
LAN bung...
Tanpa diragukan lagi, pemasangan kabel LAN tersebut menyelesaikan masalah. Kemudian yang terjadi adalah...
Sesaat setelah pemasangan kabel LAN


Beberapa saat setelahnya
Bisa-bisa HDD saya yang sudah merah semakin penuh saja ini.
Sekian dulu cerita petualangan KP saya di PT Telkom Semarang.

Nie, Levin Kusuma Adiatma
18112006

1 comment: