Monday, June 22, 2015

PT DI gabut? emangnya digaji?

by lovila

note: may contain typo, curhat, oot etc.
ini cerita kp di PT DI bagian flight control. di bagian ini ada gue ama vani, kami satu pembimbing, satu topik, dan satu laporan.
kalo mau cerita kp yang lebih menarik dan lebih oot kunjungi site penulis, lamanasikana.tumblr.com.
cerita sebelumnya disini.


  • minggu keempat


senin, 8 juni 2015
hari ini kami bikin skematik listrik sampe telat istirahat. akhirnya kami istirahat jam 12.30, telat sejam. abis istirahat kami menunjukkan skematik yang dibuat ke pak Widi.
ternyata masih ada kesalahan di rangkaian kami. bagian display actuator yang kami buat salah. maklum, penulis suka meribetkan diri.
trus diingetin bikin alert kalo posisi elevator trim diluar range pas takeoff. sebenernya inget sih, tapi lagi-lagi kami bingung harus mendesain gimana.
akhirnya kami membenarkan display actuator dan memulai desain alert. kami pake comparator buat yang desain alert. namun masih diatas kertas, belom ada file simulasinya.
rencananya sih bakal dibikin next day.

selasa, 9 juni 2015
hari ini bikin simulasi desain alert kemaren, ngecek rangkaian yang kami buat uda bener apa engga. ternyata yang range bawah belom jalan. baru yang atas yang mau, itupun kayak aneh gitu.
kami ganti desain ini itu tapi tetep aja ga jalan. maklum, penulis ga terlalu ngerti comparator. akhirnya kami desain alert seharian dan masih belom bener sampe jam pulang.
kami memutuskan untuk pulang akhirnya.

rabu, 10 juni 2015
akhirnya hari ini ada progress. tiba-tiba otak penulis dapat berfungsi dengan baik pagi-pagi. akhirnya kami berhasil mendesain alert. selanjutnya langsung kami kasih lihat ke pak Widi.
namun masih ada kelemahan di desain yang kami buat. pak Widi berharap pake satu buzzer aja, ga perlu dua kayak yang kami bikin.
akhirnya kami menggunakan relay. selain disuruh benerin alert, kami harus cari komponen yang ada dipasaran. sebenernya kami uda ngecek-ngecek juga sebelum bikin desain.
kami juga harus benerin skematik yang uda dibuat. karena yang dimaksud pak Widi kayak semi skematik semi blok diagram gitulah.
akhirnya kami bikin skematik di laptop vani. di tengah-tengah bikin skematik, laptopnya jadi lemot gitu. mungkin karena uda jam istirahat.
kami memutuskan istirahat dulu, karena otak penulis juga uda panas.
abis istirahat lalala, kami lanjut lagi bikin skematik sampe jam pulang.

kamis, 11 juni 2015
hari ini seperti kemaren, bikin skematik. setelah nunggu vani dateng tentunya, karena file skematik yang uda dibikin separo ada di laptopnya.
sampe sekitar jam 11.00, laptop vani baterenya abis dan kebetulan dia lupa bawa charger. trus panik mindahin file ke laptop penulis.
sampe jam 12.00, kami istirahat dulu. beli makan di kantin gedung training center ato gedung diklat. ini kantin terdekat dari gedung kami.
ada juga alternate lain yaitu pujasera, tapi ini jauh banget di depan deket parkiran dan harus keluar lewat pos satpam gitu.
abis sholat, penulis bikin skematik lagi sampe beres jam 2.30, sementara itu partner gambar-gambar ga jelas di laptop cicim karena uda ga ada kerjaan.

jumat, 12 juni 2015
hari ini penulis menggabutkan diri. kerjaannya cuma ngasih nama pin-pin yang di skematik. sedangkan vani ngerapiin desain yang uda di buat, karena ntar bakal di snip-snip dan biar muat.
karena ga betah gabut, abis istirahat penulis ngerapiin subbab simulasi di bab 3. tapi ujung-ujungnya ga jadi ada subbab simulasi, jadi dimasukkin ke subbab perancangan.
cuma segitu doang kerjaan kami hari ini.


  • minggu kelima


senin, 15 juni 2015
seperti biasa, males-malesan di hari senin. pagi menjelang siang ini penulis bikin flowchart. sedangkan vani ngerapiin rangkaian, snip-snip hasil simulasi, masukkin ke laporan, pokoknya ngurusin bab 4.
abis istirahat, penulis bikin flowchart di laptop, sementara vani masih setia ngurus bab 4.
lagi-lagi progress penulis dikit banget hari ini.

selasa, 16 juni 2015
setelah copy laporan update terbaru dari vani kemaren, penulis ngecek typo dan samain paragraph lalala di laporan pagi-pagi. ngisi yang masih kosong, belom di tulis.
capek juga ngecek typo. vani kembali mengurus bab 4, hari ini, kali ini bikin analisisnya semacam bacain hasil gitu lah. hari ini vani berburu waktu, soalnya kalo bisa hari ini dikasih liat ke pak Widi laporannya.
tapi waktu kami ke tempat beliau, komputernya uda dimatiin. jadi dikasih liatnya besok aja, sekalian nulis bab 5 dan halaman pendamping di depan.

rabu, 17 juni 2015
sebelum dikasih liat ke pak Widi, penulis ngecek analisis yang dibikin partner. nambah-nambahin kalo ada yang kurang. sementara vani bikin bab 5 dan ngurus halaman depan.
sampe istirahat, kami lihat pak Widi uda kembali ke ruangan. tapi ga lama setelahnya waktu kami mau kasih liat laporan, pak Widi uda ga keliatan lagi.
akhirnya kami menunggu sampe jam pulang. maklum, pembimbing kami lagi training gitu dari hari selasa sampe jumat. kami tau dari anak unsri karena pak Widi ga ngasih tau.
akhirnya kami bisa bertemu pak Widi pas uda mau pulang. karena uda selese semua laporannya, kami disuruh nungguin aja sampe pak Widi beres ngecek laporan kami. abis itu bisa revisi dan beres deh kp di PT DI.

kamis, 18 juni 2015
hari ini kami gabut. jadinya penulis nonton film. sementara partner maen simcity dan entah ngapain.
ternyata ada yang kelupaan di laporan kami, daftar pustaka. akhirnya kami pinjam ke pak Widi referensi yang pernah kami baca dulu pas istirahat. maklum, cuma bisa ketemu pas istirahat ama jam pulang. kalo pagi menjelang siang pas kami dateng, pak Widi uda ciao training.
kami cerita kalo hari ini adalah hari terakhir kami kp di PT DI. trus pak Widi kaget karena mulainya kan tanggal 20 mei, sedangkan hari ini baru tanggal 18 juni. lah kami sih gatau apa-apa, dari gedung diklatnya dikasih sampe tanggal 18 juni.
padahal kami mau print laporan hari ini biar bisa langsung dikasih, namun pak Widi belom baca laporan kami. jadi akhirnya laporan dikasih setelah lebaran aja.
awalnya kami mengira besok bakal disuruh masuk, tapi ternyata ga perlu. cukup tulis alamat email aja, biar ntar diemail apa yang harus di revisi. akhirnya hari terakhir di PT DI, selesai sudah kp disini heehee.

sekian cerita kp di PT DI bagian flight control. mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan penulis. *bow*

1 comment:

  1. Blackjack and Roulette Rules - DrmCD
    The 사천 출장샵 dealer's hand is used for a number of 창원 출장샵 games. 경상남도 출장안마 This is referred to as the player's 경상남도 출장안마 hand, which 춘천 출장안마 is dealt out at a casino

    ReplyDelete