Friday, June 5, 2015

Minions at Work!

Selamat pagi!!

Yak masih disini dengan admin lainnya, 13212109. Tebak siapaa :P (loh kok jadi tebak-tebakan)

Oke daripada basa basi lagi langsung aja yak. Saya akan menceritakan kisah KP saya di PT Tricada Intronik yang berlokasi di Bandung (Lengkapnya silahkan cek tritronik.com), tepatnya dekat dengan kampus, dan sangat dekat dari Abuba Steak. Sekilas, dari luar, perusahaan ini terlihat seperti rumah kuno dengan aura mistis yang ramai. Dulu sempat saya kira galeri seni lho =D



Day 1, June 1st, 2015

Saya dan Kevin Situmorang janjian bertemu di depan kantor Tritronik pada pukul 9.00 AM sesuai dengan email yang diberikan dari HCM (semacam personalia/HRD) PT Tritronik. Kami masuk, dan menunggu perintah berikutnya. Sambil duduk-duduk santai saya membaca majalah National Geographic yang tersedia hitung- hitung pencitraan Tak lama kemudian muncul seorang bapak yang dengan ramah memanggil Situm dan kemudian menyalami saya. “Fabiola” kata saya, dan “Jeffery” kata beliau. Kemudian beliau berlalu menuju pintu, meninggalkan saya yang kebingungan karena tadinya mengira beliau adalah bos kami di divisi M2M (Machine to Machine).



Setelah itu kami diajak berkeliling kantor, dan benar saja suasana di dalamnya juga seperti rumah kuno yang terawat. Ada kolam ikan berlapis kaca, jadi kita merasakan sensasi berjalan diatas ikan-ikan hias :3. Susunan kantor seperti melingkar, jadi tanpa sadar kami telah memutari kantor mungil tersebut (sambil berkenalan dengan karyawan lainnya) dalam waktu singkat. Kemudian kami masuk ke ruang rapat untuk diberitahu seputar peraturan kantor. Dan yang mengagetkan sodara-sodara, di ruangan tersebut ada plakat terimakasih dari panitia EE Days 2014 kepada Bapak Jeffery Samosir dari PT Tritronik Waow! Ternyata yang bersalaman tadi pagi adalah owner dari kantor ini :O

Sebenarnya ada satu lagi anak intern di sini yaitu kak Farras Majid (Proton). Tetapi kami bertiga ternyata tersebar di berbagai desk. Saya terpisah sendiri untuk mengerjakan web, Situm dan Kak Farras mengoprek hardware namun pada proyek yang berbeda.

Dari desk saya, saya dapat melihat toilet, jadi keuntungannya saya bisa memastikan toilet tersebut kosong sebelum memasukinya (Lebih tepatnya sebuah kamar mandi campur). Di hari pertama, mungkin karena tegang saya bolak-balik kamar mandi terus. Sambil berusaha mengerjakan tugas pertama, yaitu benchmarking website yang menjadi tugas saya selama KP. Ohya disini, sistem informasi online karyawannya keren banget. Bayangin aja sisfo, siel, dan wiki stei disatuin diambil fitur-fitur bagusnya dan dimanfaatkan secara maksimal. Editornya juga sangat friendly, bukan html based yang memusingkan dasar anak elektro abal-abal

Siang hari, saya bingung karena tidak seperti kantor lain, disini pada pukul 12 orang tetap berada pada desknya, seolah2 tidak terjadi apa-apa. Setelah setengah jam dan saya kelaparan, akhirnya penanggungjawab saya selama KP mengajak makan. Tapi beliau tidak makan karena sedang diet detox. Padahal catering yang disediakan terlihat enak. Saya makan bekal saya sendiri karena masalah kesehatan. Setelah makan siang, terdengar orang-orang sedikit bercakap-cakap tentang libur Waisak esok. Di luar waktu istirahat, kantor ini nyaris sangat hening.

Di tempat ini boro-boro KP gabut, malahan situm nggak bisa pulang tepat waktu. Ohya, disini jam kerjanya pukul 08.00-17.00. Setelah jam 5 sore saya bingung karena lagi-lagi orang-orang tetap di desknya, tidak berminat untuk pulang -_- Tapi setelah bertanya pada supervisor, ternyata ya kalau saya mau pulang silahkan pulang asal sudah jam 5. Hahaha =D

Day 2, 3/6/15

Pengalaman rapat pertama! Setelah melakukan benchmarking website (lebih tepatnya ngintip website Tado dan Honeywell) untuk mencari ide tentang website kami. Saya tadinya sudah ketakutan karena mengira hal seperti itu cukup dibicarakan di desk saja. Kami menuju ruang rapat besar (karena perusahaannya mungil, maka besar itu maksudnya ruang rapat untuk delapan orang) dan menghubungkan kedua laptop kami dengan proyektor. Waaw bisa di switch antar komputer! Ternyata rapat di kantor itu tidak selalu tentang power point, bisa juga langsung menunjukkan hal yang ingin dijelaskan/dibandingkan. Yang penting kontennya.


Salah satu topik yang dirapatkan dalam benchmarking website


Ada kekeosan yaitu draft dokumen saya di sistem informasi karyawan tiba-tiba tidak terupdate! Saya jelas sangat sebal karena harus mengulang lagi. Setelah mengetik lagi, saya baru sadar kalau saya membukanya di dua browser berbeda -_- ternyata tersimpan dengan baik. Tapi tetap saja saya memilih untuk menyimpannya di tempat yang aman. Kekeosan juga muncul ketika pukul 11 siang, saya buka Line dan ternyata nilai-nilai di OL Akademik sudah keluar semua. Buset dah @_@

Kami makan siang di ruang rapat besar, ber 5. Kak Ria karyawan HCM, saya, dan 3 orang dari marketing dan library M2M, salah satunya adalah supervisor saya (Kak Agung, yang desk nya di sebelah saya). Kami membicarakan mulai dari hal-hal ringan seperti Kak Agung yang lagi detox dan makannya ribet banget (gak makan nasi , karbo-karboan, dan garam), harus nunggu jam yang tepat antar makan (minum semacam jus sayur sih), sampai ke hal berat seperti bahwa dalam perencanaan proyek, timeline harus diatur dengan hati-hati. Harus mempertimbangkan worst-case condition, yaitu pengerjaan pertama gagal dan harus diulang dari awal, juga dalam penentuan biaya produk. Jangan hanya menghitung harga komponen, tetapi juga biaya dan waktu riset.

Day 3, 4/6/15

Ternyata yang ada disini tidak hanya makan siang, tetapi malahan makan 3x sehari (lebay sih hahaha) plus snack. Kok bisa? Iya ternyata ada sarapan pagi (nasi kuning atau apa, cukup sederhana sih seperti makanan mahasiswa, tetapi rasanya lumayan), makan siang (seperti tercantum di kontrak KP) dalam jumlah banyak yang sering bersisa, sehingga sore sebelum pulang kantor kita bisa makan lagi, dan snack bubur kacang hijau untuk hari ini, juga tak lupa buah-buahan. Yah jelas tidak berkekurangan lah.

Kemudian tenyata saya juga punya kamar mandi pribadi :P Hahaha enggak sih, tetapi karena sebagain karyawan kantor sudah pindah ke kantor baru yang lebih besar, dan karyawan divisi M2M semuanya laki-laki, jadi hanya ada 1 karyawan HCM perempuan (Kak Ria) dan saya di kantor ini. Lokasi toilet wanita agak jauh dari front office dan dekat dari tempat saya, jadi otomatis hanya saya yang menggunakan toilet tersebut =D

Pekerjaan hari ini adalah mengkustomisasi website dengan platform wordpress (habis ini pada ketawa semua T_T) Iya, saya tau, nggak terlalu elektro sih, padahal udah cari perusahaan elektro. Tapi ya demi bisa pulang tepat waktu (kak farras dan situm nggak pernah bisa pulang tepat waktu) saya mah iya aja. Sudah kerjaan mudah, saya masih newbie juga. Jadinya saya sibuk googling2 cara mengedit, memakai plugins, unduh plugins, dan yang akhirnya terpaksa saya lakukan saking newbienya, nonton tutorial memakai wordpress dan plugin2 di Youtube. Padahal, youtube diblokir. Hehehe, yah kalau sekedar nonton youtube padahal diblokir masih bisa lah ya diatasi :v

<iframe width="1366" height="643" src="https://www.youtube.com/embed/nSrw7uw0tiM" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Selama makan siang, lebih banyak lagi cerita konyol yang saya dengar. Karyawan lain menertawakan Kak Agung yang sebal karena menu hari ini adalah mendoan kesukaannya, tetapi minggu ini kan dia sedang Detox =D Temannya tertawa dan mengatakan “Cowok mah kalau mau langsing mending olahraga” “Tapi kan biar sehat bro” hahahahahah. Selain itu ada juga cerita tentang karyawan yang suka lupa flush toiletnnya setelah BAB, dan karyawan yang kalau makan di desk nggak rapih sehingga di kantor baru ada aturan dilarang makan di desk, sehingga kalau mau makan harus repot naik ke ruang makan di lantai 3.

Pada hari KP ketiga ini, akhirnya ID card yang dinant-nanti datang juga. Selama ini kami harus menekan bel setiap masuk kantor, dan meminjam ID card office boy baik hati untuk pulang. Akhirnya pada hari ketiga ini ada sedikit kesempatan untuk mengobrol dengan Situm dan Kak Farras. Kami membicarakan tentang ujian kompre, sampai kemudian Kak Ria datang dan memberikan ID card untuk saya dan Situm (Kak Farras sudah KP duluan, dari 18 Juni, jadi sudah punya ID card). Dan saya kaget karena ID cardnya polos (padahal waktu hari pertama, ketika tanda tangan kontrak saya memperoleh kartu asuransi yang keren banget. Bisa dipakai ke rumah sakit lho! Cuma intern pun kesejahteraan diperhatikan :’) ).


Kartu putih polos di atas adalah ID Card, yang kartu di bawah adalah kartu asuransinya.
Bagian oranye adalah bagian informasi yang disensor.


Day 4, 5/6/15

Pagi-pagi datang dengan ID card baru, eh ada tamu di depan kantor. Saya jelas bingung bagaimana, karena saya sebagai intern kan tidak berwenang untuk menerima tamu. Jadi saya berbasa basi sejenak sebelum membuka pintu dengan ID card ketika beliau sedang menelepon. Sialnya, kak Ria belum datang. Begitu melihat ada karyawan HCM yang sedang berkunjung dari kantor baru untuk berkenalan dengan intern (kami di kantor lama), saya langsung menceritakan soal tamu tersebut, yang ternyata sudah berkomunikasi dengan karyawan HCM. Saya pun lega.

Hari ini adalah hari kaos polo, jadi semua karyawan pria mengenakan polo seragam Tritronik. Saya dan situm mengenakan polo kelabu bebas, hanya kak Farras yang berpakaian rapi. Hari ini walaupun suasana lebih santai, tetapi saya sempat sebal karena membuka editor situs kami jauh lebih lama daripada mengunduh plugin -_- padahal kecepatan internet disini lumayan, yaitu kalau mengunduh video youtube, waktu unduh sekitar separuh dari durasi video. Yak lagi-lagi kerjaan saya menonton dan mendengarkan video tutorial wordpress dari youtube T_T

Ketika makan siang, lagi-lagi di ruang rapat besar, saya selesai makan duluan kemudian mencuci kotak bekal saya di dapur. Melihat kotak bekal saya yang sudah bersih dan kosong, seorang karyawan berkelakar bahwa saya bisa menyimpan krupuk di dalamnya untuk dibawa pulang. Karyawan lain malah berkata bahwa hal tersebut kurang menguntungkan, lebih untung kalau setelah makan siang, kotak makan itu diisi sisa rendang (menu hari ini) di dapur. Yakali pak =D Tapi memang sih setelah makan siang, sisa makanan selalu masih cukup banyak. Jadi sore masih bisa makan lagi :v


Dan sore lagi-lagi ada kejutan. Di sela-sela kesibukan mengisi laporan mingguan di sistem informasi karyawan, tiba tiba datang enam kotak donat :v hahaha. Jadi donat itu dari salah satu partner Tritronik, yaitu pesan-aja.com (promosi huehehe). Enam kotak dengan enam rasa berbeda :v Sungguh bekerja disini perut memang sejahtera. Digaji, makan 3x sehari #plakk, ada snack, wifi lumayan kencang (tapi youtube diblokir T_T), asuransi kesehatan dari In Health, suasana homey, kolam ikan lucu, apa lagi yang intern butuhkan? =D


Yang kelihatan sih cuma tiga kotak donat, padahal ada enam. Rasanya beda-beda =D buset dah =D
(Di kantor kecil ini orangnya enggak sampai 30 padahal hahaha)

No comments:

Post a Comment