Sunday, May 31, 2015

BTS, BTS, BTS


Haii semuanyaa..

Mau cerita cerita dikit nih tentang KP kita semoga bisa jadi berkat bagi semuanya.
Di sini ada Awe, Warren, Zaki, dan Alvin dari Teknik Telekomunikasi 2012.
Nah, kita KP di tempat yg bukan perusahaan tapi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia yang di Jakarta, seneng seneng gimana gitu siih KP di kementerian sebenernya, soalnya kayak suasana yg beda gitu pasti dibanding di perusahaan.

Pertama kalinya niih nulis di blog, semoga enak dibaca yaak.. oh iya, kita bisa dapet disini gara gara ada kakak kelas telekomunikasi yg udah kerja disini, jadi dibantu gitu sama dia, asiik.

Siipp, langsung aja yaa, jadi kita itu ditaro nya di Divisi USO (Universal Service Obligation) atau Kewajiban Pelayanan Universal yang pokoknya tujuannya itu biar semua daerah dimanapun di Indonesia punya akses biar bisa teleponan, internetan dsb. Tidak hanya biar cuman dapat akses doang tapi juga biar merata semua daerahnya. Siipp yak, kalo ga ngerti, googling ajaa..

Lesson #1, selama ini operator provider telco kayak telkomsel, indosat, xl, 3, dsb membayar biaya yang namanya biaya USO sebesar 0,75% dari pendapatan kotor ke negara (beeh, matkul Ekonomi Bisnis Regulasi & Kebijakan Telekomunikasi). Skema nya gini, pemerintah daerah menyediakan lahan, operator bayar duit ke kementerian, kementerian mungkin tender buat kontraktor yg bikin tower BTS di daerah itu dari duit USO itu, setelah udah jadi semua baru operator masuk buat bikin jaringannya. Kalo salaah, nanti diupdate lagi yaak.

Jadi selama ini, pemerintah daerah di berbagai daerah di Indonesia mengajukan kayak form gitu buat bikin jaringan telekomunikasi di sana, banyakan sih daerahnya daerah daerah perbatasan sama daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) yang ngirim file file nya ke sini. Namun, selama ini sama kementerian ga pernah ditanggapin mungkin gara gara kebanyakan kerjaan atau gimana gituu (ini rahasia yaa). Jadi, ketika ada 4 orang KP di sini, apa yang dikerjakan ?? kerjaan yang ga dikerjain sama mereka itu.

Mentor kita harusnya Pak Marvels Situmorang, tapi dari awal KP sampe sekarang ga pernah ketemu sama beliau, jadi kita dilempar ke Bu Ida namanya, ibu nya baik banget. Waktu kita izin buat acara Teknik Telekomunikasi yaitu Telemotion *promositerus, ga ribet izinnya, ibunya baik pokoknya. Nah dari awal KP, udah diceritain tuh kerjaan kita bakal kayak gimana, sama katanya sih bakal diikutin dalam rapat rapat internal mereka atau bareng eksternal kayak operator sama bisa aja dibawa survey ke daerah daerah gitu tapi ini masih proses soalnya nunggu biar kita bisa dimasukin ke daftar akomodasi nya biar gratis jalan jalan nya.

Jadi proyeknya adalah intinya mereka mau ada software yang ketika diketik daerahnya, bakal ada tulisan tentang kelengkapan form form pengajuan dari Pemda, lokasi daerah, letak daerah, dsb. Hal ini kita sebut Mapping, jadi kita peta-in BTS BTS di daerah daerah tersebut. Tujuan akhirnya pokoknya kita bisa menilai nih, daerah ini layak ga buat dipasangin infrastruktur telekomunikasi, kalo mau dipasang pake BTS yang gimana, mau pake terestrial atau vsat, dsb. Nah, disini mungkin baru bakal kepake ilmu telkomnya *semogatidak soalnya kalo ga bisa, nanti di cap gimana gitu jadinya ITB.

Bingung kan pasti gimana caranyaa bikin software begituan, ga pernah tuh diajarin bikin software. Karena kita engineer, kita cari cara pintas deeh, jeng jengg, ketemu lah sama namanya Google Earth, makasih banget buat founder google earth. Jadi kita download Google Earthnya, tinggal kita tulis letak latitude langitudenya langsung ajaa kita bikin icon, selesai deeh.. Nah, tapi masalahnya ada 300 an data yang harus di input di google earth, alhasil jadinya begini, keliatan dikit soalnya ga di zoom..



Dibilang kerjaannya ngapain sekarang, yaa cuman input input in data nya ajaa ke google earth, gituu terus kerjaannya sekarang, mungkin setelah selesai ada kerjaan lain lagi.

Yang gw pribadi suka dari kerjaan ini adalah kerjaan kita itu dipake buat Indonesia looh, jadi kayak udah ngasih subangsih gitu buat negara kita. Kalo dari pemetaan ini dirasa pantas untuk dibangun, yaa dibangun nanti BTS di sana, kalo engga yaa engga dibangun. Jadi, nanti kalo kalian jalan jalan ke daerah kalimantan utara gitu ato ke maluku ato papua terus ngeliat BTS lagi dibangun atau udah dibangun, kalian bakal tau itu kerjaan siapa. beeehh. becandaa yaak.

Lesson #2, buat kalian yang bilang pemerintahan kita ga bener atau ga pernah memperhatikan rakyat atau daerah daerah pelosok, itu ga sepenuhnya bener yaak. Ternyata kementerian gitu punya prioritas nih apa ajaa yang harus dikerjain duluan, jadi mungkin belum dikerjain bukan ga dikerjain.

Oh iyaa, kita kerjanya di lantai 6 gedung kominfo jakarta, terus dikasih ruangan khusus gituu, dari jendela kita keliatan macetnya jakarta, monas, gedung gedung, dsb.

Lesson #3, ga tau bagus ato buruk, jadi disini kalo lagi nunggu lift misalnya, kalo ada Pejabat Tinggi pasti di salamin, selamat pagi pak, siang pak, silahkan duluan pak. Bagusnya sih, artinya sopan dan patuh kepada yang lebih tinggi, jeleknya mungkin membentuk mental bos-bawahan jadinya.

Lesson #4, kalo nanti kalian mau punya perusahaan, karpet lift nya diganti yaak tiap hari, jadi ada tulisan di karpet lift sesuai hari nya, emang sederhana sih tapi ga tau kenapa keren ajaa..

Gitu duluu yaak ceritanyaa, bingung mau ceritain apaa lagi, nanti pasti diupdate kok.. salam.. :)

No comments:

Post a Comment