Friday, May 29, 2015

First Blood

[KP BATAN minggu 1]

25 Mei 2015

Hari pertama memulai kp di batan. Kami (hakim, novan, ambon) berencana datang ke lokasi jam 8 tepat, namun karena satu dan lain hal ada satu orang yang terlambat. Setibanya disana kami segera mendatangi ruangan tu untuk menyelesaikan urusan administrasi. Setelah di oper sono-sini, tibalah kami di suatu ruangan. Disana kami diminta untuk mengerjakan tugas pendahuluan modul keselamatan kerja dan keselamatan terhadap radiasi. Seperti anak power umumnya kami menyelesaikan tugas dengan sedikit "cerdas" (setelah submit, kunci jawaban ditampilkan di layar, taulah kelanjutannya). Setelah tes selesai kami segera meninggalkan BATAN. Jam HME menunjukkan pukul 11.00

26 Mei 2015
Hari kedua kp tiba di BATAN tepat waktu. Langsung menemui pembimbing bernama Pak Sigit namun terjadi pergantian rencana. Kami diserahkan ke bawahannya bernama Mas Tio. Orangnya ramah dan antusias sekali. Budaya power sedikit ada ternyata di BATAN, tes awal. Dan layaknya pemain serie b, kami hanya manggut2 selama ditanyai oleh mas tio. Selepas tes awal kami diberikan buku literatur (karena alat ukur belum dipinjam) dan ditunjukkan ruangan untuk mahasiswa kp (foto yg di-post novan). Bukannya belajar kami melakukan hal lain. Hakim mengecek apakah wifi bisa dipakai online steam atau tidak, sementara ambon dan novan tidur. Ketika matahari sudah terik kami segera pulang daripada menghabiskan waktu untuk hal yg tidak produktif. Jam di HME menunjukkan pukul 13.00 (sebelum ke HME kami makan siang di kolgo)

27 Mei 2015
Hari ketiga kp, telat lagi datang ke BATAN. Alat ukur sudah tersedia, kami diajak langsung melakukan pengukuran. "Untung kalian datang, kalau kagak saya udah disuruh ke lapangan", ucap mas tio. Gedung E dan gedung F yang kami sambangi pertama kali. Gedung tersebut digunakan untuk penelitian bagian biologi dan metalurgi. Kapasitor bank terpasang di panel distribusi gedung e sementara di gedung f tidak. Apa hubungannya kalimat tersebut dengan cerita kami? Jadi tema yang diberikan pembimbing kepada kami adalah perhitungan kapasitor bank agar menaikkan efisiensi. Suspek pertama yang kita duga menurunkan faktor daya adalah pemanas dan blower, kenapa? Karena ada coil. Cukup. Setelah diukur ternyata faktor daya nya tidak terlalu jelek untuk panel pemanas sementara blower terbukti faktor daya nya sikik. Mas tio menyimpulkan bahwa pemanas tidak menggunakan coil tapi cem filamen lampu yang menghasilkan panas dari daya aktif. Pengukuran selesai karena sudah mau dzuhur. Kami menyempatkan shalat kemudian pulang. Jam HME menunjukkan pukul 13.30

28 Mei 2015
Tidak ada yang bisa kami laporkan. Sebagai anak HME kalian mestinya tahu kenapa. Jam HME menunjukkan pukul 12.30 saat kami pulang.

29 Mei 2015
Hari keempat kp. Kami sempat berdebat apakah datang pukul 08.30 atau 09.00 (karena di BATAN ada jadwal olahraga jam 8--nya). Keputusan akhir berangkat jam 9. Setibanya, kami melihat mas tio sedang bermain futsal dengan koleganya. Kami langsung saja menuju markas. Kami menunggu cukup lama, selama menunggu hakim mengolah data, ambon dan novan tidur. Jam 11 kami keluar dan bertemu mas tio. "Kalau di BATAN emang gini tiap jumat, ntar kita ambil data nya jam stgh 2 aja ya", kata mas tio. Kami segera meninggalkan BATAN dan menuju HME, kemudian shalat jumat di PDAM. Jam 2 kami kembali kesana, sesuai janji kami langsung mengambil data. Kali ini giliran gedung lab primer dan gedung g menjadi sasarannya. Di tengah proses pengukuran terjadi proses perdebatan yang cukup seru antara fasa ke fasa dengan fasa ke netral. Tidak perlu kami bahas disini karena sebenarnya kami juga tidak terlalu mengerti kesimpulannya. Setelah adzan ashar kami mengukur satu gedung lagi kemudian pulang. (Hari ini diakhiri dengan dua hal menarik, 1. Kami baru sadar membedakan beban lag dan lead, 2. Kami berhasil mengungkap suara bel misterius yang biasa terdengar sekitar jam 7 pagi dan jam 4 sore). Di HME kami bertemu Nyoman dan Victor, jam menunjukkan pukul 16.00 lebih sedikit.

No comments:

Post a Comment